Selasa, 19 April 2016

SASTRA LISAN DALAM BENTUK PUISI PEPATCOR..



SASTRA LISAN DALAM BENTUK PUISI PEPATCOR
Oleh: Abdul Syani

Pepatcur  adalah  salah  satu bentuk sastra  lisan  Lampung  yang sering dipergunakan untuk menyampaikan nasihat atau pesan  kepada calon  mempelai  dalam upacara pemberian  gelar adat.  Pemberian gelar  adat itu dilakukan dalam upacara adat yang dikenal  dengan istilah ngamai/ngenei  adek atau ngadek. Bisa  juga  disampaikan pada  upacara  adat  tertentu, seperti penobatan  status  remaja seghak buasah, upacara adat perkawinan, dan sebagainya.  Pepatcor ini dituturkan  dalam bentuk sambutan atau  pidato  dengan  nada bahasa  yang  khas. Oleh karena pepatcor  mengandung seni dalam penyampaiannya, diharapkan dapat menyentuh perasaan pendengarnya, maka  pelakunya harus dipilih dari orang yang  memiliki  pengaruh dan kemampuan  khusus. Biasanya pepatcor  berisikan  pesan-pesan kebaikan  dan harapan yang disampaikan oleh para  tokoh  pimpinan tua terhadap pemangku-pemangku adat yang baru.

Pepatcor  terdiri dari sejumlah bait, dimana setiap baitnya  ter­diri dari empat baris (larik). Mengenai jumlah bait dalam  pepat­cor  tidak ditentukan, biasanya tergantung pada banyaknya pesan-pesan  yang  diperlukan atau yang akan disampaikan.  Setiap  bait bisa  menganut pola ab-ab seperti pantung atau segata, bisa  juga berpola  aa-aa  seperti syair-syair pada  umumnya. Dari keempat baris ungkapan dalam setiap bait Pepatcor semuanya isi atau  alur tujuan  dan  tidak terdapat sampiran  sebagaimama  pada  pantun.

Pesan-pesan  atau amanat yang wajib dilaksanakan  Pengantin  baru yang  disampaikan dalam bentuk pepatcor  dapat  dilihat  contoh sbb:

Sinji tangguh kemaman                  Ini pesan pamam
khukunkon khumah tangga            rukunkan rumah tangga
supaya mattop iman                       supaya mantap iman
dang lupa waktu lima                      jangan lupa waktu lima
(dialek Lampung pesisir
dan Pubiyan)

Contoh pesan-pesan agama dalam pepatcor yang wajib dihayati:

Sembahyang dang sappai lalai       Sembahyang jangan sampai lupa
tanda ingok jama Tuhan                 bukti ingat kepada Tuhan
Mak pandai kham kilu tawai          tidak tahu minta nasehat
supaya dang salah jalan                  supaya tidak salah jalan
(dialek Lampung pesisir)

Pada  bait-bait terakhir pepatcor biasanya  dituturkan  kata-kata ngalimpukha (mohon maaf) terhadap saikhamik atau para  pendengar, misalnya:

Attak ija pai kici'an                        Sampai di sini dulu omongan
natti ti sambung juga                      kapan-kapan di sambung lagi
ki wat kesalahan                             kalau ada kesalahan         
sikam kilu ngalimpukha                  kami mohon domaafkan
(dialek Saibatin kalianda)

Pepatcor menurut masyarakat adat Lampung dapat berfungsi  sebagai media penyampaian pesan-pesan, amanat dan harapan-harapan, seper­ti pesan agar dalam perjalanan hidup dapat bersikap dan  berperi­laku  sesuai  dengan pandangan hidup  masyarakat  Lampung,  yaitu Pi'il Pesenggiri. Sebagai hamba Tuhan agar berbagai pihak  dapat melaksanakan ibadah sesuai dengan hukum-hukum Agama yang di anut, khususnya  masyarakat  Lampung yang menganut Agama  Islam  tentu harus  tunduk pada Al-Qur'an dan Hadits. Sebagai  makhluk  sosial diharapkan  dapat menjaga kerukunan hidup dalam masyarakat,  ber­bangsa dan bernegara.

Pepatcor  dapat pula berfungsi sebagai upaya  untuk  meningkatkan perasaan  yang halus, karena kalimat-kalimat dalam bait  pepatcor disampikan  dalam  suara indah dengan pesan-pesan  yang langsung mengena  dihati  pendengarnya. Kecuali itu  pepatcor  dapat  pula berfungsi sebagai media pendidikan, dan alat atau sarana  hiburan masyarakat.  Oleh karena papatcor diperagakan dengan  menggunakan kalimat-kalimat yang dilantunkan secara indah dan beraturan, maka dalam  penyampaian pesan-pesannya dapat menyentuh perasaan  hati, baik  bagi  sasaran utamanya maupun  bagi  para  pendengar  umum lainnya.  Dengan demikian pesan-pesan yang disampaikan itu  dapat lebih mudah diserap, dipahami dan diterima sebagai kebenaran  dan sebagai pedoman hidup, baik mengenai kesopanan, perilaku  sosial, maupun mengenai nilai-nilai dan norma-norma adat. Pedoman-pedoman hidup  yang  terkandung dalam kalimat pepatcor itu pada  umumnya menyangkut  tata cara hidup bermasyarakat sesuai  dengan  prinsip Pi'il Pesenggiri.

Contoh pepatcur (dialek nyow):

Amaino: Amai Rajo,                      Panggilannya   : Amai Rajo
Adekno: Rajo Mudo,                     Gelarnya          : Rajo Mudo

Rajo Mudo,                                   Rajo Mudo
Cuakan di mengiyan,                      panggilan pada anak mantu (laki),
Nutuk purattei 'jak jebei,                mengikuti kebiasaan sejak dahulu,
Buyo jenamuk sako,                       nama simpanan lama,
Sangun kak pepujughan,                memang telah disisakan,
Anjak kelamomeu, Sanusi,             dari kakak ibumu, Sanusi

Mak makko sai dibidi,                    tidak ada yang dibeda,
Uyen benulung kaban,                    semua anak adikku,
Sebai atau sanak sayan,                 wanita atau anak sendiri,
Mittar anjak sai tuho,                     mulai dari yang tua,
Tigeh sai sanak sayan,                    hingga yang paling bungsu,
Lagei rahei sebijei,                          masih keturunan satu.

Sikam betulung duo,                      kami turut berdoa,
Kilui jamo Tuhan,                           memohon kepada Tuhan,
Mewmugo metei serasei,                semoga kalian berbahagia,
Kiwah di dau belanjo,                    harta melimpah-limpah,
Serbolem kecukupan,                     serba dalam kecukupan,
Mak susah tukuk debei,                 tidak susah pagi sore.

Tagen sino nyato,                           agar itu terwujud,
Pinggungken pilih pikiran,               pandai-pandai berpikir,
Dang nyipang nganan-ngirei,           jangan belok kanan kiri,
Dang mak rajin bekerjo,                 jangan tidak rajin bekerja,
Mak dapek sesambilan,                  tidak boleh tidak tekun,
Nyo lagei attah di atei,                   apa lagi seenaknya.

Zaman tano ijo,                              Zaman sekarang,
Sapo sayuk ngelengan,                   siapa terlambat berpikir,
Kak pastei ngegigik jarei,               sudah pasti menggigit jari,
Lupuk kemarau siwo,                     berlaku kemarau panjang,
Bareng kak turun hujan,                 ketika hujan turun, 
Cumo tinggal nyegigei,                   hanya lagi seenaknya'.
Sai tano anjak sino,                        selain itu,
Kak limban pebalahan,                   sudah beralih pembicaraan,
Panggeh ijo wat ratei,                     pesan ini ada arti,
Dang lalai watteu limo,                  jangan melalikan shalat,
Lapahei perittah Tuhan,                 kerjakan perintah Tuhan,
Lakunei sunah Nabi,                      lakukan sunah Nabi (Muhammad).

Tando gham ijo hambo,                  tanda kita habis,
Mak lupuk kewajiban,                    tidak terlepas dari kewajiban,
Dawah atau debingei,                     siang atau pun malam,
Ago buktei sai byato,                      perlu bukti yang nyata,
Mangi mak jadei seselan,                agar tidak menjadi sesal,
Tigeh alam salah nei,                       hingga alam akhir.

Dawah kebiyan sijo,                       siang ini,
Dendeng segalo badan,                  kumpul semua keluarga,
Serto ahlei pamilei,                         beserta ahli pamili,
Tutuk lebeu kelamo,                       Beserta keluarga nenek dan ibu,
Uyenno munih tengan,                   semuanya juga menyaksikan,
Ketiko nyambuk metei,                  ketika menyambut kalian.

Cumo begaweh ano,                      Hanya begitulah,
Telitas lem pikiran,                         terlintas dalam pikiran,
Sumang di andel atei,                     selain hati gembira,
Ketiko sijo tano,                             saat sekarang ini,
Sayang mak lagei tengan,               sayang tidak lagi menyaksikan,
Ayahmeeu, Hajei Marzuki,            ayahmu, Haji Marzuki.

Ghadeu enem tahhun tano,             telah enam tahun ini,
Kak mapan di deh mijan,               beristirahat di alam kubur,
Netepi janjei Illhei,                         memenuhi panggilan Illahi,
Dang sappai ago lupo,                    jangan sampai lupa,
Metei benulung kaban,                   kalian anak-anak,
Di tiyan sai mak lagei,                    pada mereka yang telah tiada.

Tegesno cawo sijo,                         tegasnya pesan ini,
Sighekken di lem pikiran,               sirakan di dalam pikiran,
Metei sebai semanei,                      kalian suami/isteri,
Duoken ulun tuho,                         doakan orang tua,
Lekuh ulun ngeruhan,                     cara orang mengerti,
Tando sanak pengjei,                      tanda anak berbakti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar